Latest Entries »

Menurunkan berat badan dengan air putih ternyata bisa lho. Namun, pahami dulu triknya. Berikut adalah sejumlah tipsnya yang mudah diterapkan sehari-hari. Silakan menyimak…

Dua liter. Untuk memenuhi kebutuhan air harian, biasanya dianjurkan untuk meminum dua liter sehari.

Sebelum makan.  Biasakan minum air putih sebelum menyantap makanan. Bedakan haus dan lapar Kadang-kadang orang sulit membedakan antara lapar dan haus. Ada baiknya kita minum dulu ketika merasa lapar. Saat rasa lapar tak juga hilang, barulah boleh menyantap makanan.

Segar.  Bila tak suka air putih begitu saja, coba tambahkan lemon atau perasan jeruk. Boleh juga menyeduh teh rasa buah seperti mangga atau peach, tentu saja tidak ditambah dengan gula agar tidak ada kalori yang terkandung di dalamnya.

Duduk. Jika meminum air putih dalam porsi besar, usahakan dalam posisi duduk. Ini agar air yang masuk dalam jumlah besar itu tidak mengganggu kerja ginjal.

SEBATAS MIMPI

“Bendera…siap!!!” ucap salah seorang pengibar.

“Hiduplah Indonesia Raya…1..2..!!! “Pemimpin lagupun mulai menggoyangkan tangannya pertanda mulainya lagu sekaligus tanda naiknya bendera. Tak lama kemudian                    “Tegak…!!Grak!” ucap seorang pemimpin upacara.

Upacara ini bukan upacara sembarangan.Upacara ini adalah upacara yang di liput oleh berbagai media,dan diikuti pula oleh pejabat – pejabat Negara,bahkan hadir pula orang nomor satu dinegri ini,yaitu Bp.Susilo Bambang Yudoyono. Memang,karna upacara ini bertempat di Istana Merdeka.

Setelah Faiz sang penarik bendera,Ryn sang pembawa baki dan Rama sang pengibar bendera kembali ke barisan para pasukan pengibar bendera yang berjumlah 45 orang,para pasukan pun kembali ke tempat semula. Upacara pun berlangsung khidmat dari awal sampai akhir. Setelah upacara selesai tiga orang pengibar pun berfoto bersama para pejabat dan para pengibar yang lain. Memang menjadi pengibar bendera di Istana Merdeka adalah mimpi Ryn dari dulu.

Setelah selesai foto bersama Bp.President,Ryn mendekati mawar,sahabatnya.

“Ryn selamat yah…tadi kalian keren banget” Mawar memuji.

“makasih…ini juga berkat dukungan kamu kok…” jawab Ryn.

“Ryn…” tiba tiba ada seorang yang menyapa. “Rama…” ucap Ryn.

Ternyata dia adalah Rama dan dibelakangnya Nampak Faiz tersenyum paa Ryn dan Mawar.

“makasih atas kerja samanya…” Ucap Rama sang pengibar. “sama sama.ini semua juga berkat kerjasama kita semua” Jawab Ryn dengan bijaksana. “Ryn pulang sama siapa…?” Tanya Faiz tiba tiba. Ryn menggeleng. “pulang bareng yuk…!!!” ajak Faiz. “gimana  kalau sama aku aja!” tiba tiba Rama menimpali. Ryn menatap Rama dan Faiz. Suasana hening sejenak. Ryn menatap Mawar.

“Aduh jadi bingung deh…!” ucap Mawar dengan nada menggoda.

“aku pulang sama mawar aja” jawan Ryn.

“yah…Ryn” ucap Faiz setengah kecewa,”ya udah deh aku duluan.” Ucap Faiz sambil berlalu.

Sementara Rama masih berdiri menatap Ryn.

“khmmm!!!kamu Rama kan?” Tanya Mawar. Rama tersenyum ramah.

“kenapa kamu masih di sini..?” Tanya Mawar.

Rama hanya tersenyum menatap Ryn dan berlalu tanpa kata kata. Dan sebenarnya hati Ryn begitu bahagia,karna seorang Rama yang selalu menjadi buah bibir anggota paskibra karena ketampanan dan sikap dinginnya itu,Rama yang selama ini Ryn harapkan,seolah memberikan harapan itu.

Sampainya dirumah,para tetangganya menatap Ryn dengan tatapan yang berbeda. Tapi kebanyakan dari mereka menatapnya dengan kagum.

“Tok..tok..tok…Assalamu’alaikum…” ucap Ryn

“wa’alaikum salam..” jawab dari dalam

“Mamah…!!” ucap Ryn sambil cium tangan.

“Ryn..anakku…” ucap mamahnya dengan linangan air mata bangga. Begitu pun dengan ayahnya. Ryn pun tak kuat menahan haru.

“kenapa kamu gak pernah cerita?maafin ayah nak,ayah sempak tidak percaya kalau kamu latihan ekskul sampai larut malam,ternyata kamu tidak bohong.” Tutur sang ayah dengan mata berkaca.

“maaf ayah…Ryn Cuma pengen bikin kejutan buat orang orang yang udah saying dan percaya sama Ryn.” Jawab Ryn. Tiba tiba ada suara dari luar.

“Assalamu’alaikum…the Ryn…” ucap seseorang.

“Wa’alaikum salam…” jawab Ryn. Ternyata diluar sudah  banyak orang yang ingin mengucapkan selamat, bahkan ada beberapa wartawan yang ingin mewawancarai. Saat Ryn di Tanya tentang perasaannya dia menjawab “Saya merasa sangat puas,karena sudah bisa membanggakan orang tua saya. Dan yang paling membuat saya puas adalah saya sudah berhasil menunjukan pada orang orang kalu saya bisa lebih baik dari yang mereka pikir.” Jawab Ryn dengan lantang.

Dan tiba tiba “Kriing…Kriing..Kriing…” suara jam beker berbunyi.

“Astagfirullah…” Ryn terjaga dari mimpinya dan mematikan bekernya.

“oh Tuhan.. Mimpi…” bisiknya dalam hati.

Dia menatap keluar jendela,kicau burung burung pagi dan kokok ayam seolah menertawakannya. Tanpa ia sadari air mata pun berjalan diatas pipinya. Dengan lirih dia berbisik      “ini hanya mimpi…sebatas mimpi… Istana Merdeka, President, para pejabat itu, dan Rama… hah..mana mungkin aku kenal Rama Prahara Sakti,yang jelas pengibar bendera,mana mungkin orang seperti aku bisa mendapatkan semua itu,ini semua mimpi. Mimpi yang takkan pernah menjadi kenyataan. “ ucap Ryn sambil menyeka air mata.

JONO

Di bawah terik matahari,di tengah tengah keramaian kota Jakarta,ada seorang anak berpakaian compang camping sedang menngerakan alat musiknya yang terbuat dari tutup botol minuman dan potongan kayu yang biasa di sebut kecrek sambil bernyanyi di setiap lampu merah,hasilnya memang tidak seberapa asalkan dapat makan sekalipun sudah lebih dari cukup. Hampir setiap hari jono mengamen,dia tinggal di gubuk yang terbuat dari kardus dan tenda bekas,jika hujan turun harus selalu tersedia ember  untuk menampung air yang turun dari atap yang bocor. Jono tinggal bersama dengan ibunya yang sudah tua renta,ayahnya meninggal saat jono masih dalam kandungan,ayahnya meninnggal karena sakit keras.

Siang itu jono akan menuju ke warteg untuk membeli makan untuk ibunya tapi ketika di gang kecil jono bertemu dengan preman yang sedang nongkrong sambil meminum minuman keras,kemudian preman itu menghentikan perjalanan jono.

“Hey anak kecil!!mau kemana kamu ?” Tanya seorang preman sinis. Jono hanya terdiam ketakutan,sang preman mendekati jono dan merampas uang yang sedang di genggamnya untuk membeli nasi.

“serahkan uangmu!!” paksa sang preman. Jono segera menyembunyikan uangnya dan berusaha untuk melarikan diri tetapi usahanya gagal,semua uangnya terampas,preman preman itu meninggalkan jono yang sedang menangis.

Jono tak berputus asa dia mengamen agar mendapatkan uang lagi. Ketika jono sedang bernyanyi lagu ciptaannya ada yang memanggil dari arah belakang tapatnya di dalam sebuah mobil sedan biru.

“adik kecil,kemarilah!!” panggil seseorang dalam mobil itu.

“saya pak..???” jono bertanya

“iya,kamu.” Ujar seseorang itu. Jono pun mendekatinya.

“adik namanya siapa?” Tanya bapak dalam mobil itu.

“nama saya jono…ada yang bisa saya bantu?” Tanya jono heran.

“saya Chandra,saya ingin mendengarkan lagu yang tadi adik nyanyikan,lagunya bagus dan suaramu pun sama bagusnya.” Pinta pak Chandra. Jono pun bernyanyi sambil menggerakan kecrek andalannya. Bapak Chandra memberikan uang lima puluh ribu dan sebuah kartu nama.

“Lusa datang ke alamat ini ya,saya ingin bicara dengan Jono lebih lama.” Ujar pak Chandra.

Pak Chandra adalah produser rekaman. “insya allah saya akan dating pak..” jawab Jono. “baik saya tunggu kedatanganmu.” Sambil tersenyum. Tak lama lampu hijau pun menyala tandanya kendaraan mulai melaju,Jono segera pergi ke warteg untuk membeli nasi dengan uang yang di berikan pak Chandra,setelah itu Jono pulang dengan riang gembira. Setelah sampai rumah jono memanggil ibunya.

“ibu..ibu..Jono pulang.” Panggil Jono setengah berteriak.

“iya saying,ibu di dapur nak..” ujar ibu lemas.”

“ibu,jono bawa makanan buat ibu.” Ucap jono seraya berlari menuju dapur.

“dari mana kamu dapat uang ini nak ?” Tanya ibu heran.

“tadi pada waktu ngamen ada bapak bapak meminta jono untuk bernyanyi,dan ternyata bapak bapak itu tertarik dengan suara dan lagu yang jono buat lalu bapak bapak itu memberi jono uang sebesar lima puluh ribu rupiah dan sebuah kartu nama,dan lusa jono di minta untuk datang kealamat itu.” Jelas jono sambil memberikan kartu nama itu pada ibunya.

“siapa nama bapak itu?” Tanya ibu kemudian.

“namanya bapak Chandra..bu ayo kita makan.” Ujar jono sambil menahan rasa lapar. Kemudian Jono dan ibu pun makan bersama walaupun dengan telor dadar dan nasi putih,itu pun sudah lebih dari cukup. Keesokan harinya jono kaget ketika melihat di bawah ranjang tidurnya penuh dengan air,ternyata daerah tempat jono tinggal terendam banjir. Jono mencari ibunya.

“ibu…ibu…banjir..!!! ibu di mana ?” rintih jono.

“ibu di sini nak sedang menyalamatkan barang barang kita.” Ujar ibu

“ibu…sini jono bantu.” Ujar jono.

“cepat nak kemasi barang barangnya dan segera pergi karna ketinggian air akan semakin meningkat. Jelas ibu tergopoh gopoh. Setelah mereka mengemasi barang barang mereka,kemudian mereka bergegas meninggalkan tempat tinggal mereka. Ketika di perjalanan jono baru sadar bahwa kartu nama pak Chandra hilang sepertinya terendam banjir,padahal jono besok harus datang ke alamat yang ada di kartu nama itu. Tapi jono hanya bisa pasrah. Mereka mengungsi ke tempat pengungsian yang telah disediakan oleh pemerintah. Setelah sampai pengungsian jono bertanya pada ibunya

“ibu kapan yah jono bisa menjadi penyanyi yang terkenal..dan kenapa sih nasib hidup kita selalu begini?” Tanya jono seraya meneteskan air mata.

“suatu saat nanti jono pasti bisa menjadi penyanyi yang terkenal,mungkin ini memang takdir kita jadi orang miskin..sabar yah nah..terima apa adanya..” ibu menasehati jono kemudian memeluknya.

Siang itu Jono mengamen dengan penuh semangat berharap bertemu dengan pak Chandra (produser rekaman),dan ternyata benar jono nertemu dengan pak Chandra, pak Chandra memanggil jono agar mendekati mobilnya..tapi ketika jono sedang menyebrang jalan ada sebuah mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi dan tiba tiba…”braaakkk…” seketika tubuh jono terpental sangat jauh. Akan tetapi mobil yang menabrak jono melarikan diri. Para warga berbondong bonding mendekati tubuh jono yang tergeletak lemas,dan pak Chandra pun keluar dari mobilnya mendekati jono. Lalu pak Chandra membawa jono ke rumah sakit..

Kemudian ada seorang anak yang memberitahukan kepada ibu jono bahwa  jono mengalami kecelakaan dan dirawat dirumah sakit..akan tetapi semuanya sudah terlambat ketika ibu jono sampai di rumah sakit ternyata jono sudah tiada..jono menghembuskan nafas terakhirnya.. semuanya begitu menyakitkan bagi ibu jono..

“maafkan saya bu..ini kesalahan saya andai saja saya tidak menyuruh jono untuk mendekati saya,mungkin sekarang jono masih berada disini bersama ibu..” ujar pak Chandra dengan penuh rasa sesal. Ibu meneteskan air matanya sambil memeluk jono.

“jono kenapa tinggalin ibu? Ibu tidak mau kehilanganmu nak, jangan pergi.. ibu sayang jono.

“sabarlah bu..mungkin ini sudah menjadi takdir untuk jono..do’akan saja agar jono di tempatkan di sisi Allah SWT dan di jadikan kekasih abadinya..” ucap pak Chandra menenangkan.

“selamat jalan nak…ibu selalu menyayangimu..”rintih ibu…

20 Kiat Berjiwa Besar

Kebesaran jiwa bukanlah warisan dan kekerdilan jiwa bukan malapetaka. Kita bisa belajar mengembangkan kebesaran jiwa kita dengan kemauan dan ketekunan.

  1. Beranilah mengakui kesalahan yang anda perbuat. Hanya orang yang berjiwa kerdil yang suka menyembunyikan kesalahannya dan suka mencari kambing hitam.
  2. Beranilah mengakui kesalahan, kelemahan dan keterbatasan anda. Semuanya itu tidak mencerminkan sikap yang rendah diri, tapi justru menunjukkan sikap yang sportif.
  3. Belajarlah untuk memaafkan kesalahan orang lain. Hanya orang yang berjiwa besar yang bisa memaafkan, orang yang lemah cenderung mudah membenci dan menyimpan kesalahan orang lain.
  4. Belajarlah untuk bersikap rendah hati. Hindari kebiasaan menyombongkan diri atas prestasi atau keunggulan apapun yang anda miliki. Kesombongan biasanya mencerminkan harga diri yang rendah dari orang yang berjiwa kecil. Tapi kerendahan hati menunjukan harga diri yang tinggi dari orang yang berjiwa besar.
  5. Beranilah bertanggung jawab atas apapun yang anda katakan dan lakukan. Orang-orang yang berjiwa pengecut biasanya tidak berani bertanggung jawab, bahkan sering melemparkan tanggung jawab kepada aorang lain.
  6. Tingkatkan terus rasa percaya diri anda. Hindari kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Mereka mungkin lebih hebat dan lebih berbobot, tapi itu bukan ukuran untuk meilai diri anda tidak berarti.
  7. Berusahalah untuk tetap bersikap tenang dalam situasi dan kondisi yang buruk. Hindari mengambil keputusan penting ketika pikiran dan perasaan Anda sedang tidak menentu, apalagi dalam keadaan emosional.
  8. Biasakanlah diri Anda untuk tidak takut mengambil risiko. Tempat yang aman dan kondisi yang nyaman bisa menciptakan status quo dan tidak baik bagi perkembangan jiwa Anda.
  9. Beranilah untuk mengalami kegagalan, karena kegagalan memberikan banyak sekali pelajaran berharga. Orang-orang berjiwa besar biasanya dibesarkan oleh kegagalan, tapi sebaliknya, orang-orang berjiwa kerdil umumnya dilumpuhkan oleh kegagalan.
  10. Bersikaplah optimis,pandanglah masa deapan dengan penuh harapan. Belajarlah melihat hambatan sebagai tantangan untuk ditaklukan, dan masalah sebagai kesempatan untuk memperkuat karalter.
  11. Bersikaplah tegas dalam membela hak-hak Anda. Jangan takut pada penolakan dan jangan alergi pada perbedaan. Jangan berusaha untuk menyenangkan semua orang apalagi dengan mengorbanan harga diri Anda. Jangan merasa terganggu oleh sikap pro atau kontra selama Anda berdiri pada prinsip yang benar.
  12. Belajarlah untuk melihat semua persoalan secara proporsional. Hindari kebiasaan membesar-besarkan msasalah kecil. Jangan biarkan diri Anda dipusingkan dengan urusan-urusan sepele. Don’t sweat the small stuff.
  13. Belajarah menerima oreang laiun sebagaimana adanya. Jangan berusaha atau menuntut orang lain berubah sesuai harapan dan keinginan Anda. Namun tidak ada salahnya Anda memotivasi mereka untuk lebih berkembang.
  14. Belajarlah untuk melihat kebaikan dan keistimewaan oran lain. Dengan begitu Anda tidak akan terlalu terganggu oleh kelemahannya.
  15. Belajarlah untuk membuat orang lain merasa bangga dengan dirinya. Hanya orang yang berjiwa besar yang dapat membantu orang lain menjadi lebih percaya diri.
  16. Belajarlah untuk bisa ikut bergembira atas keberhasilan orang lain. Rasa iri dan tidak suka atas sukses yang diraih orang lain mengungkapkan harga diri yang rendah.
  17. Biasakanlah untuk menghargai pendapat dan keyakinan orang lain meskipun berbeda dengan pendapat dan keyakinan Anda. Picik sekali orang yang menganggap dirinya sudah memborong semua kebenaran.
  18. Terimalah setiap kritik dengan lapang dada, buka dengan kemarahan dan penjelasan panjang lebar. Bagaimanapun bentuknya, sebetulnya kritik merupakan pemberian yang sangat berharga bagi perkembangan diri Anda.
  19. Selesaikan setiap konflik dengan prinsip win-win solution, solusi menang-menang. Masalah terselesaikan tanpa ada pihak yang merasa dikalahkan oleh yang lain. Hanya orang yang berjiwa kecil yang selalu ingin menang sendiri.
  20. Berpikirlah besar, bercita-citalah besar dan berharaplah yang terbaik. Bahkan ketika Anda menghadapi kenyataan yang sebaliknya, bertahanlah! Biarkan kebesaran jiwa Anda teruji dalam berbagai kesukaran.

Tatkala Nabi SAW mengalami rintangan dan gangguan dari kaum lelaki Quraisy, maka di sampingnya berdiri dua orang wanita. Kedua wanita itu berdiri di belakang da’wah Islamiah, mendukung dan bekerja keras mengabdi kepada pemimpinnya, Muhammad SAW : Khadijah bin Khuwailid dan Fatimah binti Asad. Oleh karena itu Khadijah berhak menjadi wanita terbaik di dunia. Bagaimana tidak menjadi seperti itu, dia adalah Ummul Mu’minin, sebaik-baik isteri dan teladan yang baik bagi mereka yang mengikuti teladannya.

Khadijah menyiapkan sebuah rumah yang nyaman bagi Nabi SAW sebelum beliau diangkat menjadi Nabi dan membantunya ketika merenung di Gua Hira’. Khadijah adalah wanita pertama yang beriman kepadanya ketika Nabi SAW berdoa (memohon) kepada Tuhannya. Khadijah adalah sebaik-baik wanita yang menolongnya dengan jiwa, harta dan keluarga. Peri hidupnya harum, kehidupannya penuh dengan kebajikan dan jiwanya sarat dengan kebaikan.
Rasulullah SAW bersabda :”Khadijah beriman kepadaku ketika orang-orang ingkar, dia membenarkan aku ketika orang-orang mendustakan dan dia menolongku dengan hartanya ketika orang-orang tidak memberiku apa-apa.”
Kenapa kita bersusah payah mencari teladan di sana-sini, pada- hal di hadapan kita ada “wanita terbaik di dunia,” Khadijah binti Khu- wailid, Ummul Mu’minin yang setia dan taat, yang bergaul secara baik dengan suami dan membantunya di waktu berkhalwat sebelum diangkat men- jadi Nabi dan meneguhkan serta membenarkannya.
Khadijah mendahului semua orang dalam beriman kepada risalahnya, dan membantu beliau serta kaum Muslimin dengan jiwa, harta dan keluarga. Maka Allah SWT membalas jasanya terhadap agama dan Nabi-Nya dengan se- baik-baik balasan dan memberinya kesenangan dan kenikmatan di dalam is- tananya, sebagaimana yang diceritakan Nabi SAW, kepadanya pada masa hi- dupnya.
Ketika Jibril A.S. datang kepada Nabi SAW, dia berkata :”Wahai, Rasulullah, inilah Khadijah telah datang membawa sebuah wadah berisi kuah dan makanan atau minuman. Apabila dia datang kepadamu, sampaikan salam kepadanya dari Tuhannya dan aku, dan beritahukan kepadanya tentang sebuah rumah di syurga dari mutiara yang tiada keributan di dalamnya dan tidak ada kepayahan.” [HR. Bukhari dalam “Fadhaail Ashhaabin Nabi SAW. Imam Adz-Dzahabi berkata :”Keshahihannya telah disepakati.”]
Bukankah istana ini lebih baik daripada istana-istana di dunia, hai, orang-orang yang terpedaya oleh dunia ?
Sayidah Khadijah r.a. adalah wanita pertama yang bergabung dengan rombongan orang Mu’min yang orang pertama yang beriman kepada Allah di bumi sesudah Nabi SAW. Khadijah r.a. membawa panji bersama Rasulullah SAW sejak saat pertama, berjihad dan bekerja keras. Dia habiskan kekayaannya dan memusuhi kaumnya. Dia berdiri di belakang suami dan Nabinya hingga nafas terakhir, dan patut menjadi teladan tertinggi bagi para wanita.
Betapa tidak, karena Khadijah r.a. adalah pendukung Nabi SAW sejak awal kenabian. Ar-Ruuhul Amiin telah turun kepadanya pertama kali di sebuah gua di dalam gunung, lalu menyuruhnya membaca ayat- ayat Kitab yang mulia, sesuai yang dikehendaki Allah SWT. Kemudian dia menampakkan diri di jalannya, antara langit dan bumi. Dia tidak menoleh ke kanan maupun ke kiri sehingga Nabi SAW melihatnya, lalu dia berhenti, tidak maju dan tidak mundur. Semua itu terjadi ketika Nabi SAW berada di antara jalan-jalan gunung dalam keadaan kesepian, tiada penghibur, teman, pembantu maupun penolong.
Nabi SAW tetap dalam sikap yang demikian itu hingga malaikat meninggalkannya. Kemudian, beliau pergi kepada Khadijah dalam keadaan takut akibat yang didengar dan dilihatnya. Ketika melihatnya, Khadijah berkata :”Dari mana engkau, wahai, Abal Qasim ? Demi Allah, aku telah mengirim beberapa utusan untuk mencarimu hingga mereka tiba di Mekkah, kemudian kembali kepadaku.” Maka Rasulullah SAW menceritakan kisahnya kepada Khadijah r.a.
Khadijah r.a. berkata :”Gembiralah dan teguhlah, wahai, putera pamanku. Demi Allah yang menguasai nyawaku, sungguh aku berharap engkau menjadi Nabi umat ini.” Nabi SAW tidak mendapatkan darinya, kecuali pe neguhan bagi hatinya, penggembiraan bagi dirinya dan dukungan bagi urusannya. Nabi SAW tidak pernah mendapatkan darinya sesuatu yang menyedihkan, baik berupa penolakan, pendustaan, ejekan terhadapnya atau penghindaran darinya. Akan tetapi Khadijah melapangkan dadanya, melenyapkan kesedihan, mendinginkan hati dan meringankan urusannya. Demikian hendaknya wanita ideal.
Itulah dia, Khadijah r.a., yang Allah SWT telah mengirim salam kepadanya. Maka turunlah Jibril A.S. menyampaikan salam itu kepada Rasul SAW seraya berkata kepadanya :”Sampaikan kepada Khadijah salam dari Tuhannya. Kemudian Rasulullah SAW bersabda :”Wahai Khadijah, ini Jibril menyampaikan salam kepadamu dari Tuhanmu.” Maka Khadijah r.a. menjawab :”Allah yang menurunkan salam (kesejahteraan), dari-Nya berasal salam (kesejahteraan), dan kepada Jibril semoga diberikan salam (kesejahteraan).”
Sesungguhnya ia adalah kedudukan yang tidak diperoleh seorang pun di antara para shahabat yang terdahulu dan pertama masuk Islam serta khulafaur rasyidin. Hal itu disebabkan sikap Khadijah r.a. pada saat pertama lebih agung dan lebih besar daripada semua sikap yang mendukung da’wah itu sesudahnya. Sesungguhnya Khadijah r.a. merupakan nikmat Allah yang besar bagi Rasulullah SAW. Khadijah mendampingi Nabi SAW selama seperempat abad, berbuat baik kepadanya di saat beliau gelisah, menolong- nya di waktu-waktu yang sulit, membantunya dalam menyampaikan risalahnya, ikut serta merasakan penderitaan yang pahit pada saat jihad dan menolong- nya dengan jiwa dan hartanya.
Rasulullah SAW bersabda :”Khadijah beriman kepadaku ketika orang- orang mengingkari. Dia membenarkan aku ketika orang-orang mendustakan. Dan dia memberikan hartanya kepadaku ketika orang-orang tidak memberiku apa-apa. Allah mengaruniai aku anak darinya dan mengharamkan bagiku anak dari selain dia.” [HR. Imam Ahmad dalam “Musnad”-nya, 6/118]
Diriwayatkan dalam hadits shahih, dari Abu Hurairah r.a., dia berkata :”Jibril datang kepada Nabi SAW, lalu berkata :”Wahai, Rasulullah, ini Khadijah telah datang membawa sebuah wadah berisi kuah, makanan atau minuman. Apabila dia datang kepadamu, sampaikan kepadanya salam dari Tuhan-nya dan beritahukan kepadanya tentang sebuah rumah di syurga, (terbuat) dari mutiara yang tiada suara ribut di dalamnya dan tiada kepayahan.” [Shahih Bukhari, Bab Perkawinan Nabi SAW dengan Khadijah dan Keutamaannya, 1/539]

Ibuku hanya memiliki satu mata. Aku membencinya, ia adalah sebuah hal yang memalukan. Ibuku menjalankan sebuah toko kecil pada sebuah pasar.

Dia mengumpulkan barang-barang bekas dan sejenisnya untuk dijual, apapun untuk mendapatkan uang yang kami butuhkan. Ia adalah sebuah hal yang memalukan.

Pada suatu hari di sekolah. Aku ingat saat itu hari ketika ibuku datang. Aku sangat malu. Mengapa ia melakukan hal ini kepadaku? Aku melemparkan muka dengan rasa benci dan berlari. Keesokan harinya di sekolah.. “Ibumu hanya memiliki satu mata?” dan mereka semua mengejekku.

Aku berharap ibuku hilang dari dunia ini maka aku berkata kepada ibu aku,”Ibu, kenapa kamu tidak memiliki mata lainnya? Ibu hanya akan menjadi bahan tertawaan. Kenapa Ibu tidak mati saja?” Ibu tidak menjawab. Aku merasa sedikit buruk, tetapi pada waktu yang sama, rasanya sangat baik bahwa aku telah mengatakan apa yang telah ingin aku katakan selama ini.

Mungkin itu karena ibu tidak menghukum aku, tetapi aku tidak berpikir bahwa aku telah sangat melukai perasaannya.

Malam itu, Aku terbangun dan pergi ke dapur untuk mengambil segelas air. Ibuku menangis disana, dengan pelan, seakan ia takut bahwa ia akan membangunkanku. Aku melihatnya, dan pergi. Karena perkataanku sebelumnya kepadanya, ada sesuatu yang mencubit hati aku.

Meskipun begitu, Aku membenci ibuku yang menangis dari satu matanya. Jadi, Aku mengatakan diri ku jikalau aku akan tumbuh dewasa dan menjadi sukses, karena aku membenci ibu bermata-satu aku dan kemiskinan kami.

Lalu aku belajar dengan keras. aku meninggalkan ibu dan ke Seoul untuk belajar, dan diterima di Universitas Seoul dengan segala kepercayaan diri. Lalu, aku menikah. aku membeli rumah milikku sendiri. Lalu aku memiliki anak-anak juga. Sekarang, aku hidup bahagia sebagai seorang pria yang sukses. aku menyukainya disini karena ini adalah tempat yang tidak meningatkan aku akan ibu.

Kebahagiaan ini menjadi besar dan semakin besar, ketika seseorang tidak terduga menjumpai aku “Apa?! Siapa ini?”… Ini adalah ibu aku.. tetap dengan satu matanya. Ini rasanya seperti seluruh langit sedang jatuh ke diri aku. Anak perempuan aku lari kabur, takut akan mata ibu aku.

Dan aku bertanya kepadanya, “Siapa Anda? aku tidak mengenalmu!!” sandiwara aku. aku berteriak kepadanya “Mengapa engkau berani datang ke rumah aku dan menakuti anak aku! Pergi dari sini sekarang juga!”

Dan ibu dengan pelan menjawab, “Oh, maafkan aku. aku pasti salah alamat,” dan dia menghilang. Terima kasih Tuhan.. Ia tidak mengenali aku. aku merasa cukup lega. aku mengatakan kepada diri aku bahwa aku tidak akan peduli, atau berpikir tentang ini sepanjang sisa hidup aku.

Lalu ada perasaan lega datang kepada aku.. Suatu hari, sebuah surat mengenai reuni sekolah datang ke rumah aku. aku berbohong kepada istri aku mengatakan bahwa aku akan pergi perjalanan bisnis. Setelah reuni ini, aku pergi ke rumah lama aku.. karena rasa penasaran saja, aku menemukan ibu aku terjatuh di tanah yang dingin. Tetapi aku tidak meneteskan satu air mata sekalipun. Ia memiliki sepotong kertas di tangannya.. dan itu adalah surat untuk diri aku.

=================================================
Anakku,

Aku pikir hidupku sudah cukup lama saat ini. Dan.. aku tidak akan mengunjungi Seoul lagi.. tetapi apakah itu terlau banyak jikalau aku ingin kamu untuk datang menunjungiku sekali-kali nak? aku sangat merindukanmu. Dan aku sangat lega ketika mendengar kamu akan datang dalam reuni ini.

Tetapi aku memutuskan untuk tidak datang ke sekolah.. Untuk Kamu.. aku meminta maaf jikalau aku hanya memiliki satu mata dan aku hanya membawa kemaluan bagi dirimu.

Kamu tahu, ketika kamu masih sangat kecil, kamu terkena sebuah kecelakaan, dan kehilangan satu matamu. Sebagai seorang ibu, aku tidak tahan melihatmu harus tumbuh dengan hanya satu mata.. maka aku memberikanmu mata aku.. aku sangat bangga kepada anak aku yang melihat dunia yang baru untuk aku, menggantikan aku, dengan mata itu.

Aku tidak pernah marah kepadamu atas apapun yang kamu lakukan. Beberapa kali ketika kamu marah kepada aku. aku berpikir sendiri,”Ini karena kamu mencintai aku.” Aku rindu waktu ketika kamu masih sangat kecil dan berada di sekitarku.

Aku sangat merindukanmu. Aku mencintaimu. Kamu adalah duniaku.

Seorang lelaki yang sangat tampan dan sempurna merasa bahwa Tuhan pasti menciptakan seorang perempuan yg sangat cantik dan sempurna pula untuk jodohnya. Karena itu ia pergi berkeliling untuk mencari jodohnya. Kemudian sampailah ia disebuah desa. Ia bertemu dengan seorang petani yg memiliki 3 anak perempuan dan semuanya sangat cantik. Lelaki tersebut menemui bapak petani dan mengatakan bahwa ia ingin mengawini salah satu anaknya tapi bingung; mana yang paling sempurna.

Sang Petani menganjurkan untuk mengencani mereka satu persatu dan si Lelaki setuju. Hari pertama ia pergi berduaan dengan anak pertama. Ketika pulang,ia berkata kepada bapak Petani,”Anak pertama bapak memiliki satu cacat kecil, yaitu jempol kaki kirinya lebih kecil dari jempol kanan.”

Hari berikutnya ia pergi dengan anak yang kedua dan ketika pulang dia berkata,”Anak kedua bapak juga punya cacat yang sebenarnya sangat kecil yaitu agak juling.”

Akhirnya pergilah ia dengan anak yang ketiga. Begitu pulang ia dengan gembira mendatangi Petani dan berkata,”inilah yang saya cari-cari. Ia benar-benar sempurna.”

Lalu menikahlah si Lelaki dgn anak ketiga Petani tersebut. Sembilan bulan kemudian si Istri melahirkan. dengan penuh kebahagian, si Lelaki menyaksikan kelahiran anak pertamanya. Ketika si anak lahir, Ia begitu kaget dan kecewa karena anaknya sangatlah jelek. Ia menemui bapak Petani dan bertanya “Kenapa bisa terjadi seperti ini Pak. Anak bapak cantik dan saya Tampan, Kenapa anak saya bisa sejelek itu..?””

Petani menjawab,” Ia mempunyai satu cacat kecil yang tidak kelihatan . Waktu itu Ia sudah hamil duluan…..”

Kadangkala saat kita mencari kesempurnaan, yang kita dapat kemudian kekecewaan. Tetapi kala kita siap dengan kekurangan, maka segala sesuatunya akan terasa istimewa.

Menteri BUMN Dahlan Iskan berkesempatan menjajal mobil listrik ciptaan mahasiswa D3 Teknik Mesin ITS yang diberi nama “Nagageni” saat mengunjungi kampus tersebut hari ini.

Dahlan yang meninjau pameran alat ciptaan mahasiswa ITS, dalam rangkaian acara membuka Kuliah Bung Karno untuk Kebangsaan dan Teknologi di Gedung Robotika ITS Surabaya
sempat mencoba “Nagageni” untuk berkeliling lapangan parkir Gedung tersebut.

“Kalau selama ini, alat ciptaan mahasiswa hanya sampai pada prototipe, ya jangan manja. Kalian harus berpikir keras untuk menciptakan alat yang dapat diterima masyarakat dan industri tanpa harus ada paksaan dari pemerintah kepada masyarakat atau industri untuk membantu kalian,” katanya.

Dahlan Iskan juga mencontohkan kapal “3 in 1” yang merupakan ciptaan mahasiswa Perkapalan ITS.

“Saya senang dengan kapal “3 in 1″ yang juga cocok untuk kita, karena itu saya akan minta Pelni untuk membeli kapal itu agar tidak rugi, karena kapal itu bisa untuk mengangkut manusia, barang, dan ternak sekaligus, sehingga kapal Pelni ke Indonesia Timur tidak akan balik kosong,” katanya.

Menurut dia, Pelni selama ini mengalami kerugiaan miliaran, karena kapal yang berangkat penuh namun kembali kosong dan kapal Pelni yang berkapasitas 2.000 penumpang umumnya terisi 500 penumpang, sehingga rugi dan kapal “3 in 1” ciptaan mahasiswa ITS itu merupakan solusi.

“Bukan hanya solusi bagi Pelni, karena kapasitas kapal itu hanya kecil dan bisa diisi barang atau ternak, kapal itu akan menjadi solusi bagi peternak dari Indonesia Timur yang selama ini sulit mengirim ternak dalam jumlah sedikit ke Jawa dan akhirnya peternak malas dan kita pun impor sapi hingga 350 ribu ekor per tahun,” katanya.

Seolah tidak puas dengan ciptaan mahasiswa ITS itu, Dahlan Iskan juga menantang mahasiswa ITS untuk menciptakan alat yang mampu mengubah sagu menjadi mirip beras dengan rasa dan bau seperti beras. “Saya butuh alat itu pada Juni mendatang, kalau ada yang bisa akan saya beri hadiah mobil pribadi,” katanya.
(E011)

Kelompok Ikhwanul Muslimin (IM) Mesir mengumumkan Wakil Ketua IM, Khairat Al-Shatir, sebagai calon presiden yang akan maju pada pemilu Mesir bulai Mei mendatang, Sabtu (31/3).  Padahal, IM pernah menyatakan tidak akan mengajukan calon presiden dari kelompoknya.

Pengumuman ini berlangsung hanya beberapa hari sebelum pendaftaran calon presiden ditutup.Tentunya, hal ini mengakhiri spekulasi tentang siapa calon dari IM yang akan bertarung dalam pemilu Mesir mendatang.

IM memutuskan untuk mengajukan calon presiden pemilu Mei mendatang karena kekhawatiran munculnya revolusi Mesir untuk kedua kalinya serta menjaga agar terjaganya proses transisi dari dewan militer Mesir ke pemerintahan sipil. “Revolusi dan proses demokrasi benar-benar terancam,” kata Sekretaris Jenderal IM, Mahmoud Hussein.

Pengumuman ini dikeluarkan saat konferensi pers yang dibacakan oleh penasihat utama IM, Mohammed Badie. Meski demikian, Shatir tidak hadir dalam konferensi pers tersebut. “Setelah diputuskan nama saya yang akan maju dalam pemilihan, saya hanya bisa menerima keputusan dari IM,” kata Shatir dalam sebuah pernyataan. Shatir juga mengatakan akan mengundurkan diri dari jabatan sebagai Wakil Ketua IM.

Sementara sayap politik IM, Partai Kebebasan dan Keadilan (FJP) Mesir, juga mengumumkan terpilihnya Shatir dalam laman Facebook-nya. Dilansir dari stasiun televisi Al-Arabiya, Shatir mendominasi suara di dalam partai sebesar 56 persen atau sebanyak 56 dari 108 suara.

Ikhwanul Muslimin sebelumnya berhasil meraih mendominasi dalam pemilu legislatif lalu dan kini tengah merancang konstitusi baru. Perdebatan terjadi saat konstitusi menyinggung soal pembentukan kabinet. Dewan Militer yang saat ini berkuasa bertentangan dengan IM soal proses pengangkatan menteri dalam kabinet nanti.

Kadar gula darah yang tinggi bisa berbahaya dan menjadi faktor risiko beberapa penyakit. Tapi studi menemukan mengonsumsi air putih yang cukup bisa mencegah terjadinya kadar gula darah tinggi.

Peneliti dari Prancis melaporkan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari bisa melindungi seseorang dari kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) sebesar 21 persen dibanding dengan orang yang sedikit mengonsumsi air putih.

Studi ini melibatkan 3.615 laki-laki dan perempuan yang memiliki kadar gula darah normal di awal penelitian. Analisis studi ini juga memperhitungkan faktor lain yang bisa mempengaruhi risiko kadar gula darah tinggi seperti jenis kelamin, usia, berat badan, aktivitas fisik dan pola makannya.

“Hasil studi ini bisa menjadi alasan lain bagi orang untuk banyak minum air putih,” ujar peneliti Ronan Roussel, MD, PhD selaku profesor kedokteran dari Hospital Bichat di Paris, seperti dikutip dari WebMD, Senin (4/7/2011).

Roussel mencatat bahwa kondisi ini memperlihatkan hubungan antara hormon vasopressin (yang mengatur air dalam tubuh) dengan diabetes. Diperkirakan peran dari hormon ini yang bisa membantu mengurangi risiko kadar gula darah tinggi.

Seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi umumnya tidak menimbulkan gejala apa-apa. Tapi biasanya semakin tinggi kadar gula darah, maka seseorang akan semakin sering merasa haus dan ingin buang air kecil.

Jika tidak ditangani dengan baik, kadar gula darah yang tinggi ini bisa merusak jaringan fungsi sel beta yang berfungsi mengeluarkan insulin dan menyebabkan pembuluh darah mengalami stres sehingga lama kelamaan bisa memicu terjadinya pengerasan di pembuluh darah.

Kadar gula darah yang tinggi bisa menimbulkan risiko pengembangan diabetes tipe 2, penyakit jantung dan stroke. Temuan ini telah dilaporkan dalam pertemuan tahunan American Diabetes Association